..
Joshua Mengaku Kabur dari Rumah Sakit Karena Stres Ditangkap Bawa Ganja

Joshua Mengaku Kabur dari Rumah Sakit Karena Stres Ditangkap Bawa Ganja

Suksesinews.com, Denpasar - Direktorat Reserse Narkoba Polda Bali belum melakukan penahanan terhadap Joshua James Baker (32) atas kepemilikan ganja. Warga Australia ini sempat kabur dari RS Bhayangkara Jalan Trijata dan ditangkap di Hotel LV8, Canggu, Kuta Utara, Selasa (10/10).

“Dia (Joshua James Baker) masih berstatus saksi  terkait dugaan kepemilikan ganja seberat 28,02 gram dan sekarang masih menjalani observasi di RS Bhayangkara Trijata,”tegas Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Bali AKBP Sudjarwoko kepada wartawan, Rabu (11/10).  

Mantan Kapolres Jombang ini mengungkapkan, Joshua datang dari Thailand dan tiba di Bali, Senin (9/10). Saat pemeriksaan di terminal kedatangan Bandara Internasional Ngurah Rai, petugas Bea dan Cukai mendeteksi adanya barang terlarang dalam tasnya.  “Ketika dilakukan penggeledahan, ditemukan ganja yang sudah tercampur tembakau. Joshua juga membawa 37 butir obat penenang atau diazepam,”ungkapnya.  

 Seusai diamankan, Joshua diimpahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Bali. Namun sebelum menjalani pemeriksaan, ia dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk observasi kesehatan dengan pengawalan dua orang polisi. “Sampai di rumah sakit, dia minta izin  ke kamar mandi dan dua anggota yang mengawalnya sedang  menonton televisi,”kata perwira asal Surabaya ini.

Kesempatan itu dipakai Joshua untuk kabur melalui ventilasi kamar mandi yang kacanya dicopot terlebih dahulu. Sementara, petugas yang mengawalnya curiga karena sekitar 20 menit pria Aussie tersebut tidak keluar. “Karena dipanggil-panggil tidak ada jawaban, anggota langsung mendobrak pintu dan Joshua tidak berada di kamar mandi,”bebernya.  

Joshua mampir di salah satu minimarket depan rumah sakit dan meminjam handphone salah seorang karyawan yang dipakainya untuk memesan ojek online. Dari tempat ini, ia menuju kawasan Canggu untuk bertemu temannya yang juga bule asal Inggris. “Dari Canggu, Joshua menumpang taksi menuju Nusa Dua dan turun depan rumah seorang warga kemudian berpura-pura membuka pintu rumah. Tujuannya agar sopir taksi tidak mencurigainya. Setelah taksi itu pergi, Joshua balik lagi ke kawasan Canggu mengendari sepeda motor sewaan,”ujarnya.  

Sementara polisi yang melakukan pelacakan akhirnya mendeteksi keberadaan Joshua di Hotel LV8, Canggu. “Sesaat setelah Joshua kabur, kami langsung menyebar fotonya di toko, kafe dan hotel. Akhirnya sekitar pukul 14.20, kami  mendapat informasi dari karyawan hotel LV8 bahwa ada warga asing mirip dengan orang yang sedang dicari sedang makan di lobby hotel. kami pun minta tolong kepada pihak hotel agar mengajak ngobrol Joshua agar tidak kabur karena orang ini agak lincah,”tegasnya.   

 Joshua akhirnya berhasil diamankan dan saat diinterogasi dia memilih kabur dari rumah sakit karena mengaku stres. "Dia stress karena rencana liburan di Bali malah ditangkap. Itu pengakuan yang wajar dan manusiawi," tandasnya. Ema/suksesinews

Sebelumnya Kelompok Begal Diringkus, Satu Orang Berstatus Pelajar
Selanjutnya Marcos Siap Tempur Lawan Persiba