..
Bendesa Adat Tanjung Benoa Ditahan, Suasana Sempat Tegang
Tersangka Anggota DPRD Badung I Made Wijaya alias Yonda ( tengah ) di Polda Bali/ema

Bendesa Adat Tanjung Benoa Ditahan, Suasana Sempat Tegang

Suksesinews.com, Denpasar - Bendesa Adat Tanjung Benoa yang juga anggota DPRD Badung I Made Wijaya alias Yonda ditahan di rutan Polda Bali, Senin (25/9). Sebelumnya, pria berkacamata ini ditetapkan sebagai tersangka dugaan reklamasi liar di Pantai Barat Tanjung Benoa, Kuta Selatan.
 
Direktur Reskrimus Polda Bali Kombes Kenedy kepada wartawan mengatakan, berkas perkara Yonda sudah dinyatakan lengkap atau P21. Ini yang menjadi pertimbangan penyidik untuk melakukan penahanan. “Berkasnya sudah rampung dan menunggu pelimpahan tahap II. Kami masih berkoordinasi dengan Kejati Bali untuk pelimpahan tahap II,”ujar Kenedy.  
 
Pertimbangan lainnya yaitu untuk menghindari resiko Yonda melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti.   Sebelum masuk rutan Polda Bali sekitar pukul 21.13 wita, Yonda sempat diperiksa penyidik mulai pukul  11.00 sampai pukul 20.00 didampingi kuasa hukum Agus Nahak. Namun, yang bersangkutan tidak mau menandatangani berita acara penahanan.    
 
Mengenakkan kaos dan celana hitam, Yonda berjalan kaki menuju rutan Polda Bali ditemani puluhan orang dari prajuru dan pecalang serta masyarakat. Sebelum masuk ruang tahanan, suasana sempat tegang. Salah seorang warga dengan nada emosi meminta agar Yonda tidak ditahan malam hari. “Ini bendesa adat kami dan juga anggota DPRD Badung, kenapa diberlakukan seperti teroris. Saya saja yang masukan penjara,”ujarnya.      
 
Yonda juga tidak kalah emosi. Dengan nadat tinggi, ia menilai bahwa penahanannya sebagai bentuk kriminalisasi.  “Ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka, tapi kenapa hanya saya yang ditahan ? ini tidak adil dan ini sebagai bentuk kriminaliasi terhadap seorang bendesa,”ujarnya.
 
Sejak penahanan Yonda, kepolisian memperketat pengamanan di Polda Bali. Beberapa anggota juga membawa senjata laras panjang.  Ema/suksesinews

Sebelumnya Bali United Libas Perseru 2 – 0
Selanjutnya Sembunyi Diantara Pengungsi Gunung Agung, Pencuri HP Ditangkap